Ikan Lele di Sini Dianggap Keramat, Tak Boleh Dimakan

Rabu, 06 Desember 2017 | 12:10
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
DIJAGA Ribuan ikan lele yang selamat meski diterjang banjir di sungai Biting, Jawa Timur. Foto DOK jpnn

INDOPOS.CO.ID - Warga desa di perbatasan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah terus menjaga ribuan ikan lele di Sungai Biting.

Warga menganggap lele peninggalan nenek moyangnya ini sebagai keramat. Sungai Biting yang ada di perbatasan antara dua desa itu terbilang aneh dan cukup unik. Keanehan ini terlihat dari ribuan ikan lele berukuran besar yang masih terjaga di Sungai Biting. Bahkan pascabanjir besar ribuan ikan lele tersebut tidak terseret air dan tetap berada di lokasi yang sama.

Agar peninggalan nenek moyang ini terus lestari, maka warga setempat melarang pihak luar untuk mengambil atau memancing ribuan ikan lele tersebut. "Sungai Biting ini memiliki nilai keramatnya tersendiri. Jika ada warga yang nekat mengambil atau memancing ikan lele di Sungai Biting ini, maka anggota keluarganya atau desanya akan mendapat musibah," ujar Jumeno, warga setempat.

Dia menambahkan, kemungkinan pemandangan seperti ini dibilang aneh bagi masyarakat luar, tapi tidak untuk masyarakat desa setempat. Kini Sungai Biting di antara perbatasan Ponorogo dengan Wonogiri ini, akan dijadikan tempat wisata oleh pihak dinas terkait. (end/jpnn)

Editor : Novita Amelilawaty
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%