Pemprov Sulsel Raih Penghargaan Kepatuhan Pelayanan Ombudsman

Selasa, 05 Desember 2017 | 13:20
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
PERTAHANKAN PENGHARGAAN : Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo saat menerima piagam oleh Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai. Foto: Hamdan/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID - Pemprov Sulawesi Selatan meraih predikat implementasi kepatuhan tertinggi untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Pengumuman hasil pelayanan disampaikan melalui lembaga negara pengawas pelayanan publik, Ombudsman di Balai Kartini, Selasa (5/11). 

Gubernur  Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, penghargaan ini untuk ketiga kalinya. Sulsel bergerak mulai dari zona merah hingga hijau. Artinya pelayanan pemerintah pada masyarakat menjadi prioritas utama.

Tak hanya Sulawesi Selatan, berbagai daerah juga sukses meraih predikat pelayanan terbaik. Dibagi menjadi tiga penilaian menggunakan traffic light system yakni zona merah, hijau serta zona kuning. Penilaian ini bercakup pada pedoman pasal 8 UU No 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman.

Ketua Ombudsman Amzulian Rifai mengatakan, dalam penelitian kepatuhan, para anggota Ombudsman memposisikan diri sebagai masyarakat pengguna pelayanan. Mengetahui hak-hak apa saja yang didapat. "Itu yang kami ingin tahu ada atau tidaknya persyaratan pelayanan, kepastian waktu dan biaya, prosedur dan alur pelayanan, sarana pengaduan dan pelayanan yang ramah," jelas Amzulian. 

Tak hanya itu, Ombudsman tidak menilai bagaimana ketentuan terkait standar pelayanan itu disusun atau ditetapkan. Akan tetapi berfokus pada atribut standar layanan yang wajib disediakan pada setiap pelayanan publik. 

"Akan ada sanksi yang tercantum dalam pasal 54 UU Pelayanan Publik jika tidak tersedia standar pelayanan publik. Mulai dari sanksi pembebasan jabatan sampai dengan sanksi pembebasan atas permintaan sendiri bagi pelaksana," terangnya. (ham)

Daftar penerima penghargaan :

Kepatuhan tertinggi lembaga : Badan Narkotika Nasional 

Kepatuhan tertinggi kementerian : kementerian ketenagakerjaan

-Kepatuhan Tertinggi Provinsi : Nusa Tenggara Barat

-Kepatuhan Tertinggi Pemerintah Kota : Manado

-Kepatuhan Tertinggi Pemerintah Kabupaten : Kabupaten Bangka

- Lokus Baru Kepatuhan Terbaik : Kabupaten Belitung Timur

-Implementasi Kepatuhan Tertinggi : Sulawesi Selatan

 

Editor : Heryanto
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%