KAL Kudungga Bakal Sandar di Ronggang

Rabu, 13 September 2017 | 12:06
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
KHIDMAT: Peringatan HUT ke-72 TNI AL di Makolanal Sangatta, Senin (11/9).

INDOPOS.CO.ID – Janji Pemkab Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur, membangun dermaga di Ronggang untuk Kapal Angkatan Laut (KAL) Kudungga, bakal terealisasi tahun depan. Pemkab Kutim siap menganggarkan dana untuk perbaikan dan perluasan dermaga tersebut. Dengan demikian, KAL Kudungga bisa berada di homebase-nya.

“Jadi, bisa lebih nyaman memantau keamanan warga dari perairan di Kutim, maupun di antara masyarakat pesisir,” ungkap Danlanal Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta setelah menjadi inspektur upacara HUT Ke-72 TNI AL di Makolanal Sangatta, Senin (11/9).

Selama ini, KAL Kudungga sandar di Pelabuhan Loktuan, Bontang. Namun, pada Juli lalu, mencuat isu permintaan Wali Kota Bontang Neni Moernaeni supaya kapal tersebut tidak lagi bersandar di Pelabuhan Loktuan, sebab hendak diadakan rehabilitasi.

Wakil Bupati (Wabup) Kutim Kasmidi Bulang beranggapan, hal tersebut justru baik. Pasalnya, menjadikan jarak semakin dekat dengan Kutim. Hingga akhirnya Dermaga Ronggang yang dinyatakan bakal menjadi lokasi sandar kapal tersebut.

Mulyan kembali menjelaskan, di sisi pengamanan perairan, selama ini di Kutim masih dalam kondisi aman. Masyarakat sekarang sudah jauh lebih tertib. Meski ada beberapa pelanggaran, bukan pelanggaran berat sehingga cukup diberi teguran. “Tapi kalau terkait tindak pidana ditemukan, seperti illegal logging, illegal fishing, maupun narkoba, tiada ampun kami sanksi. Namun, sampai saat ini, tidak ditemukan di perairan Kutim,” kata Mulyan.

Seperti diketahui, kapal Kudungga dibeli pada zaman kepemimpinan Bupati Isran Noor menggunakan APBD Kutim sebesar Rp 23 miliar. Hal itu ditujukan untuk operasional TNI AL dalam menjaga perairan Kutim. Juga, perairan Bontang, sebab masih satu wilayah perairan.

Dia menambahkan, fokus TNI AL tahun ini adalah penguatan di pulau-pulau terluar dan strategis. Di antaranya, Natuna, Morotai, dan Biak. Sedangkan di Sangatta, pihaknya berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menyentuh masyarakat. Seperti yang sudah dilakukan belakangan ini, berupa bakti sosial.  (mon/kri/k8/jpg)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%