Sektor Pariwisata Tulungagung Menggeliat

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 19:30
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Dua puluh persen pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur dipengaruhi oleh sektor pertanian.

Pernyataan tersebut diungkapkan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo kepada INDOPOS.CO.ID di sela-sela acara pentas budaya dan potensi Kabupaten Tulungagung di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu(12/8) malam.

Menurut Syahri, kenaikan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tulungagung di atas pertumbuhan ekonomi nasional dan Jawa Timur, yakni 5,4 persen.

" Jadi bukan hanya hasil pertanian saja, tapi hasil distribusi barang dan jasa dari pertanian dan hasil olahan hasil panen," ujarnya.

Dia mengatakan, meningkatnya sektor pariwisata mendorong program pengentasan pengangguran. Saat ini angka pengganguran di Kabupaten Tulungagung hanya 8,6 persen.

Percepatan sektor pariwisata, menurut Syahri didukung oleh pembukaan jalur selatan Kabupaten Tulungagung. Tentu hal ini, secara signifikan mendongkrak pendapatan asli daerah(PAD) Kabupaten Tulungagung. Karena, sejak lama sektor pariwisata Tulungagung tidur.

" Saat ini jalur sudah sebagian besar dibuka. Beberapa tempat pariwisata mulai menggeliat, seperti pantai Demak dan pantai Gemah," katanya.

Lebih jauh, Syahri mengatakan, reog kendang adalah salah satu potensi budaya khas dari Kabupaten Tulungagung. Menurutnya, reog kendang belum cukup dikenal secara nasional. Oleh karena itu, pada ajang pentas budaya dan produk unggulan Kabupaten Tulungagung ini pihaknya ingin mempromosikan secara langsung.

" Kami ingin reog kendang bisa dikenal secara nasional dan bisa Go Internasional juga," ucapnya. (nas)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%