Ingin Sasirangan Dipakai Presiden

Senin, 20 Maret 2017 | 22:17
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
ANTUSIAS: Pagelaran Banjarmasin Sasirangan Festival 2017 di Siring Pierre Tendean, mendapat sambutan dari masyarakat Kota Banjarmasin

INDOPOS.CO.ID – Pagelaran Banjarmasin Sasirangan Festival usai digelar kemarin pagi. Tak kurang dari empat ribu warga Banjarmasin memeriahkan acara tersebut. Warga Banjarmasin berjalan mulai Jalan Jendral Sudirman nol kilometer sampai Menara Pandang di Jalan Pierre Tendean. Peserta wajib menggunakan baju sasirangan baik pakaian maupun aksesori.

Dalam acara tersebut, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor berencana memberikan Presiden RI Joko Widodo sasirangan. “Semoga presiden nanti mau mengenakan pakaian khas dari Kalimantan Selatan,” harapnya.

Parade sasirangan merupakan upaya untuk lebih memperkenalkan kain sasirangan hingga ke seantero dunia. Sebelum ada event ini, gubernur sudah mencoba memperkenalkan kain sasirangan hingga ke tingkat nasional. “Setiap saya ada undangan di Istana Negara, selalu menggunakan pakaian sasirangan. Niat saya untuk memperkenalkan kain sasirangan di Istana Negara,” ucapnya.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina juga mengharapkan agar presiden bisa mengenakan kain sasirangan. “Nanti akan diserahkan. Semoga presiden bersedia mengenakan,” harapnya.

Saat parade, peserta membentangkan kain sasirangan sepanjang 50 meter. Itu sebagai tanda seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjunjung tinggi adat istiadat dan melestarikan budaya Banjar. “Mudah-mudahan kegiatan parade sasirangan ini menjadi parade terbesar sepanjang sejarah Kota Banjarmasin. Sebelumnya tidak pernah ada kegiatan seperti ini,” katanya.

Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Siti Wasilah mengatakan, kegiatan parade sasirangan merupakan bukti spirit baru seluruh jajaran Pemko Banjarmasin dan seluruh lapisan masyarakat Kota Banjarmasin dalam mendukung semua kegiatan pemerintah. “Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kain sasirangan akan lebih dikenal tak hanya sampai tingkat nasional, juga hingga ke tingkat dunia. Saya juga berharap agar duta sasirangan dapat memperkenalkan kain khas Kalsel ini di tingkat nasional,” pintanya.(eka/az/dye/jpg)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%