Nelayan Geger Kerapu Superjumbo

Jumat, 17 Maret 2017 | 22:38
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
TANGKAPAN NELAYAN: Warga Kecamatan Lemito, dihebohkan dengan penemuan ikan kerapu besar.

INDOPOS.CO.ID - Warga Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato, Rabu (15/3), mendadak dihebohkan dengan penemuan ikan kerapu hasil tangkapan nelayan setempat dengan ukuran superjumbo. Kerapu raksasa yang diperkirakan jenis sunuk (plectromus leopardus) berwarna hitam ini memiliki panjang 1,5 meter, berdiameter 500 Cm dengan berat 110 Kilogram.

Kepada koran ini, Kisman Uwete, warga setempat mengatakan, ikan goropa (nama lokal kerapu) raksasa itu ditemukan Saiful yang tak lain adalah nelayan di Lemito saat memancing di rompong di perairan teluk tomini. Dijelaskan Kisman Uwete, untuk menuju ke rompong membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Saipul awalnya mengira bahwa yang ada di dalam air dengan kedalaman kurang lebih 7-9 meter itu hanyalah kain yang mengapung di atas air. Namun, ketika dilihat lebih dekat lagi, ternyata benda yang dikirannya kain itu adalah ikan berukuran besar. Saat itu juga Saipul memanggil salah seorang rekannya untuk membantu memancing dengan menggunakan umpan ikan cakalang.

“Mata pancing yang digunakan Saipul berukuran nomor 4 dan nilon nomor 100 serta umpan satu ekor ikan cakalang. Ketika umpan diturunkan, kerapu super besar itu langsung memakannya,” ujar Kisman Uwete. Karena ukurannya yang cukup besar, ikan itu sulit untuk diangkut ke atas perahu, melainkan digantung di samping kanan perahu dan dibawa menuju ke darat.

Namun, ketika bertemu dengan para nelayan yang mencari ikan di pesisir pantai. Saipul meminta bantuan agar ikannya bisa diangkut ke dalam perahu. Nelayan sekitar pun membantunya dan kemudian dibawa ke darat. “Saat berada di darat, sudah langsung heboh. Masyarakat banyak yang menyaksikan ikan goropa itu," kata Kisman.

Bahkan, pada saat ditimbang, berat ikan itu mencapai 110 kilogram. Ternyata ikan ini lebih berat dan timbangan yang digunakan tidak mampu. Tak hanya itu, saat ini ikan goropa tersebut sudah mulai ditawar oleh masyarakat sekitar dan bahkan masyarakat dari daerah Sulawesi Tengah (Sulteng). Harga jualnya pun untuk perkilogramnya dibanderol Rp 35 ribu per Kg, jika dikalikan dengan total berat ikan yang mencapai 110 Kg, ikan kerapu ini memiliki harga sekira Rp 3,8 juta. (kif/jpg)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%